Agen & Distributor Pupuk Hayati M-BIO PORASI

TERBARU

Sabtu, 24 Februari 2018

Cara Membuat NPK Organik Cair

Cara Membuat NPK Organik Cair - Pada dasarnya kandungan NPK sudah ada di dalam tanah namun karena sering digunakan untuk menanam dan beberapa hal lama kelamaan kandungan tersebut akan berkurang, karenanya petani harus menambahkan pupuk NPK sendiri. Tak jarang petani mengaplikasikan pupuk NPK kimia yang relatif mudah dibeli meski harga terbilang mahal, padahal dalam jangka panjang pupuk kimia malah meninggalkan dampak buruk seperti merusak tanaman dan lama kelamaan tanah akan rusak dan tidak akan bisa ditanami lagi. Disinilah pentingnya pembuatan pupuk NPK Organik sendiri, meski membutuhkan waktu dan kesabaran dalam pembuatannya, pemakaian pupuk NPK Organik tidak akan meninggalkan dampak buruk untuk tanaman maupun tanah.

Cara Membuat NPK Organik Cair & Cara pengaplikasiannya
Pembuatan Pupuk N (Nitrogen) Organik Cair
Bahan - bahan,
- Air kelapa tua: 150 ltr.
- gula putih / gula merah: 3 kg.
- Pupuk hayati M-Bio: 1 ltr.

Cara pembuatan:
Masukkan bahan - bahan tersebut ke dalam wadah seperti drum yang bisa ditutup rapat. Aduk larutan tersebut sampai rata, lalu drum atau wadah ditutup rapat supaya proses fermentasi bekerja dengan sempurna. Lakukan pengadukan larutan sehari sekali selama 7 hari, setelah itu larutan siap diaplikasikan.

Namun, jika di wilayah anda sulit mendapatkan air kelapa tua anda bisa juga membuat pupuk N Organik Cair dari bahan lain, silakan simak cara membuatnya dibawah ini
Bahan - bahan,
- urine hewan (kelinci, sapi, kerbau, kambing dll): 15 liter
- Dedaunan / sisa-sisa tumbuhan / rerumputan / jerami: 1 ½ karung
- gula merah / gula pasir: 750gr
- air: 15 liter
- Pupuk hayati M-BIO: 225ml (± 15 tutup botol)

Cara Membuat:
Larutkan air, gula & Pupuk Hayati M-BIO hingga tercampur rata kemudian masukkan dedaunan yang sudah dicacah kasar ke dalam drum / wadah lalu aduk sekali lagi hingga tercampur rata. Setelahnya tutup rapat drum / wadah jangan sampai ada udara yang masuk agar proses fermentasi bekerja dengan sempurna. Lakukan pengadukan larutan sehari sekali selama 7 hari, setelah itu larutan siap diaplikasikan.

Pembuatan Pupuk P (Posfor) Organik Cair
Bahan- bahan,
- Gedebok pisang atau batang pisang: 50 kg
- gula pasir / gula merah: 1 kg
- air: 100 liter
- Pupuk hayati M-BIO: 1 liter

Pembuatan :
Larutkan air, gula & Pupuk Hayati M-BIO hingga tercampur rata kemudian masukkan gedebok pisang yang sudah dicacah halus ke dalam drum / wadah. Aduk rata sekali lagi dan tutup drum / wadah dengan rapat supaya proses fermentasi bekerja dengan sempurna. Lakukan pengadukan larutan sehari sekali selama 7 hari, setelah itu larutan siap diaplikasikan.

Pembuatan Pupuk K (Kalium) Organik Cair
Bahan-bahan,
- cocopeat atau serabut kelapa: 55 kg
- gula putih / gula merah: 500gr (½ kg)
- air: 75 liter
- Pupuk hayati M-BIO: 500 ml (½ liter)

Cara Membuat:
Larutkan air, gula dan Pupuk Hayati M-BIO hingga tercampur rata kemudian tambahkan serabut kelapa ke dalam drum / wadah. Aduk lagi hingga bahan-bahan organik tercampur rata dan tutup rapat drum / wadah jangan sampai ada udara yang masuk supaya proses fermentasi bekerja dengan sempurna. Lakukan pengadukan sehari sekali selama 7 hari, setelah itu larutan siap diaplikasikan.

Cara Penggunaan / pengaplikasian NPK Organik Cair
Pembuatan Pupuk NPK Organik Cair biasanya membutuhkan waktu ± 7 hari yang setelahnya siap diaplikasikan.
  • Setiap satu liter pupuk NPK Organik cair dicampur dengan 5 - 10 liter air.
  • Sebelum disemprotkan, saring dahulu larutan pupuk NPK Organik cair agar sisa-sisa bahan organik yang tidak larut-- tidak terbawa ke dalam tangki sprayer.
  • Semprotkan pupuk NPK Organik cair pada tanaman dan atau di atas tanah. Untuk tanaman dalam pot dapat disiramkan langsung.

Peran Penting Pupuk Hayati M-BIO dalam Pembuatan NPK Organik Cair
 cara membuat npk organik cair
Deptan No. 258/Kpts/SR.310/B/07/2015

M-BIO adalah Jenis Pupuk Hayati terbaik, merupakan kultur campuran mikroba yang menguntungkan diantaranya: Azotobacter sp, Bacillus sp, Lactobacillus sp, Saccharomyces sp. Juga mengandung berbagai hormon perangsang tumbuh seperti Auksin, Giberelin, Sitokinin dan enzim sebagai senyawa bioaktif untuk pertumbuhan tanaman, sangat cocok dipakai untuk campuran dalam pembuatan NPK Organik. Berikut beberapa manfaat yang diberikan oleh Pupuk Hayati M-BIO dalam Cara membuat NPK Organik Cair
  1. Mempercepat dekomposisi bahan-bahan organik secara fermentasi (± 7 hari) lebih cepat dibanding pembuatan NPK organik biasa (± 15 hari)
  2. Melarutkan unsur P (fosforus) yang tidak tersedia menjadi bentuk P yang tersedia bagi tanaman
  3. Menghasilkan berbagai enzim dan hormone sebagai senyawa bioaktif untuk pertumbuhan tanaman 
  4. Membentuk antioksidan (mencegah O2 yang berikatan dengan penyakit tertentu dari tanaman, hewan ataupun manusia).
  5. Hasil fermentasi dari bahan organik ini (asam amino, asam laktat, gula, alkohol, vitamin, protein, dan asam lainnya) mudah diserap oleh tanaman.
  6. Kandungan nutrisinya lebih tinggi dari pada pupuk NPK organik biasa
  7. Tidak meninggalkan residu negatif seperti gas dan panas.

DAPATKAN SEKARANG!!
Diskon 10% untuk 1 btl pertama
Info Lengkap Harga dan Pemesanan
 cara pesan m-bio porasi cara membuat NPK organik cair
Distributor & Agen Resmi M-BIO Porasi
Keamanan dan Kenyamanan Privasi Pelanggan Terjamin

*(( Cara Membuat NPK Organik Cair ))*


Posted by: Pupuk Hayati M-BIO PORASI